Sunday, July 9, 2017

Mengapa Self Image Itu Penting? | Informasi Daily Mocci

Self-image atau yang bisa kita artikan sebagai citra diri adalah sebuah gambaran dalam diri seseorang yang tertanam di dalam pikiran bawah sadar yang akan menentukan siapa dirinya. Singkatnya, self image berarti apa yang kita pikirkan mengenai diri kita sendiri.

Image by Excite

Self image setiap orang berbeda-beda. Ada yang selalu positif dan ada pula yang sebaliknya, negatif. Masing-masing disebabkan faktor pendorong yang memengaruhi self image seseorang. Adapun beberapa hal yang mempengaruhi citra diri seseorang dan solusi untuk mengatasinya, yakni:

1. Lingkungan Keluarga
Keluarga adalah sarana belajar dari seorang anak yang paling utama. Artinya, setiap ucapan, tingkah dan prinsip sebuah keluarga akan memengaruhi anggotanya, termasuk self image. Jika sebuah keluarga selalu mengucapkan kalimat yang mematikan motivasi seorang anak, bertingkah tak sesuai aturan/norma ataupun berprinsip yang tidak sewajarnya, maka keluarga itu akan menciptakan seorang anak yang memiliki self image negatif. Mengapa bisa? Karena seorang anak cenderung akan mengikuti apa yang ia lihat dan dengarkan, terlebih keluarganya adalah orang-orang yang akan lebih sering ia temui dibandingkan orang lain (di sekolah, taman bermain, atau masyarakat) setiap harinya. Berbeda dengan seseorang yang memiliki keluarga positf, ia akan cenderung bersikap positif pula.

2. Lingkungan Masyarat
Lingkungan masrayakat juga bisa memengaruhi self image seseorang. Sebagai contoh, seseorang yang hidup di lingkungan preman dan berteman dengan anak-anak preman pula, ia akan cenderung bersikap dan berpola pikir seperti orang-orang itu sendiri. Berbeda dengan seseorang yang tumbuh di lingkungan positif, ia akan cenderung bersikap positif dan percaya diri. Jadi, alangkah baiknya jika Anda mulai selektif memilih pergaulan untuk membantu Anda agar menjadi seorang pribadi yang positif.


3. Diri sendiri
Selain faktor-faktor luar yang memengaruhi self image seseorang, penilaian diri sendiri juga amat sangat memengaruhi citra dirinya. Misalkan, seorang siswa bernama Ana akan mengikuti ujian Matematika. Ia selalu berpikir bahwa dia sudah mengerahkan segenap kemampuannya untuk belajar dan memahami guru matematikanya setiap hari. Ketika ujian berlangsung, optimisme selalu dipegang teguhnya ketika mengerjakan soal demi soal. Berbeda dengan Windy, ia selalu cemas dan tidak percaya diri untuk mengisi jawaban meskipun ia sudah belajar malam hari sebelum ulangan. Dua orang itu akan memiliki hasil berbeda ketika hasil ulangan dibagikan. Meskipun mereka sudah belajar sama banyaknya dan memahami materi sama banyaknya juga, hal tersebut tidak akan memberikan hasil yang baik apabila self image negatif ada dalam diri mereka.

Lalu, bagaimana merubah self image diri sendiri yang memang sulit sekali untuk menghilangkan sikap negatif? Memang bukan perkara mudah untuk mengintorfeksi diri sendiri agar menjadi pribadi yang baik. Namun kembali kepada sebuah kalimat yang sudah sangat tidak asing di telinga, 'kalau ada kemauan pasti ada jalan'. Caranya adalah dengan merubah penilaian atau gambaran terhadap diri Anda sendiri meskipun sedikit demi sedikit, namun apabila dilakukan secara kontinue akan membawakan hasil yang baik pula.


Lalu, apa gunanya sih self image untuk kehidupan Anda?
1. Menjadi orang yang positif.
2. Mendapatkan masa depan yang cerah.
3. Disenangi banyak orang.
4. Dan hal-hal positif lainnya.

Nah, jadi jangan ragu untuk merubah self image Anda menjadi lebih baik dimulai dari sekarang! Sekian informasi dari Daily Mocci, semoga artikel kali ini bermanfaat dan memberikan pengaruh yang baik untuk para pembacanya. Terima kasih.
http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

0 komentar:

Comments
0 Comments

Post a Comment

Menarik Untuk Disimak