Tuesday, September 12, 2017

Tips Menjalin Pertemanan Saat Menjadi Seorang Mahasiswa Baru

Tips Menjalin Pertemanan Saat Menjadi Seorang Mahasiswa Baru - Sebagai makhluk sosial, manusia dituntut untuk membaur dengan orang-orang di lingkungannya. Dikarena manusia itu sendiri tidak bisa hidup tanpa orang lain. Tetapi terlepas itu semua, lingkungan baru menjadi tantangan berat untuk manusia memulai beradaptasi.


Persahabatan


Termasuk ketika kamu para mahasiswa baru. Kamu akan berhadapan dengan tantangan yang belum pernah kamu rasakan seperti hidup jauh dari rumah, sahabatmu, dan berhadapan dengan orang-orang baru sesama pejuang sarjana seperti kamu.

Sering kamu akan merasa kesepian dan asing dengan keadaan barumu ini. Namun bukan berarti kamu akan merasa seperti itu selamanya.

Nah, untuk itu Daily Mocci akan memberikan beberapa tips menarik juga bermanfaat untuk kamu para mahasiswa baru. Untuk itu simak tips nya berikut ini.

Hindari rasa cemas, khawatir dan negative thinking
Meskipun kamu sedang dirundung kecemasan karena berada di lingkungan baru dengan orang-orang baru juga di dalamnya, kamu tidak perlu khawatir, yang perlu kamu lakukan adalah bersikap santai dan menunjukkan dirimu apa adanya kepada teman-teman barumu itu.

Tebar kan senyuman
Jangan bersikap cuek, dingin dan jutek, karena ketiga sikap itu mencerminkan bahwa kamu bukanlah seseorang yang enak diajak berteman. Bahkan mungkin juga kamu akan masuk ke dalam list orang-orang paling dihindari di kelas. Bersikaplah ramah agar orang-orang menyukaimu.

Jangan terlalu banyak bicara, biarkan telingamu bekerja lebih banyak
Hal ini juga penting, mengapa? Karena ketika orang-orang baru berkenalan denganmu, mereka hanya menginginkan informasi sederhana seperti: nama, alamat, asal SMA, dan lain-lain, ingat kalian baru saja berkenalan. Dan tak kalah penting, jadilah seorang pendengar yang baik. Dengarkan orang-orang yang baru saja memilih kamu menjadi teman mereka agar mereka merasa kamu adalah seseorang yang enak diajak bicara.

Hargai lah perbedaan, karena perbedaan itu menjadikan sesuatu lebih menarik
Jadi lah seseorang yang menghargai sebuah perbedaan, atau bersikap selalu toleran. Karena di kampus kamu akan menemukan orang-orang yang memiliki sejarah, suku, agama dan kelas (mobilitas) yang berbeda dengan kamu. Tetapi kabar baiknya, orang-orang yang berbeda darimu itu lah yang akan mengajarkan suatu hal baru kepadamu, seperti pemikiran mereka.

Jangan sungkan untuk mengatakan, "Maaf" dan "Terima kasih"
Ketika kamu melakukan sesuatu yang seharusnya tidak kamu lakukan seperti mengucapkan kata-kata kasar, ucapkan lah permohonan maaf kepada mereka. Hal ini dikarenakan sikapmu itu tidak seharusnya kepada mereka. Meskipun dirasanya sepele, jangan salah, hal tersebut mungkin akan membekas suatu hari kemudian.
Begitu juga ketika seseorang melakukan sesuatu kepadamu seperti memberikan pertolongan, ucapkan lah rasa terima kasihmu yang tulus agar orang itu merasa dihargai oleh kamu.

Bersikap terbuka
Terbuka lah dalam segala hal. Jangan menjadi seseorang yang kaku dengan pendirian dan juga pendapatmu. Karena hal itu mungkin akan membuat kamu kesulitan berteman.

Jangan bersikap egois
Salah satu sikap buruk ini memang ada dalam setiap diri manusia, tidak bisa dipungkiri keberadaannya. Belajar lah untuk tidak egois, ada kalanya kamu harus lebih mengutamakan kepentingan orang lain dibandingkan dirimu sendiri. Yakin lah, sesuatu yang kamu lakukan itu adalah hal yang tepat kamu lakukan dibandingkan jika kamu harus mementingkan dirimu sendiri.

Sekian informasi yang saya sajikan di artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kepada para pembaca.
http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

2 comments:

  1. Wahh... Sip lah tipsnya! Sangat bermanfaat. Salam saya juga anak MABA Unpam hehe

    ReplyDelete
  2. Wah, maba Unpam juga ya? Oke deh, sukses juga. Terima kasih telah mengunjungi blog saya Maylatun :)

    ReplyDelete

Menarik Untuk Disimak